PENGANUGERAHAN “TPKS AWARD”

Written By Nanta on Sabtu, 09 Juli 2011 | 19.24


Tanggal Kirim:08 Juli 11

Pada Acara HUT ke-10 Terminal Petikemas Semarang (TPKS)

Semarang, 7 Juli 2011 malam bertempat di Grand Candi Hotel Semarang, Terminal Petikemas Semarang menganugerahkan “TPKS award” kepada para pelanggannya bersamaan dengan ulang tahun ke-10 TPKS. Penghargaan diberikan kepada 2 (dua) kategori pelanggan, yaitu perusahaan pelayaran dan perusahaan forwarding.

Dengan dilaksanakan acara “TPKS Award” ini, para pelanggan di Terminal Petikemas Semarang dapat melihat peran, kiprah dan keberhasilan perusahaan pelayaran dan perusahaan forwarding (EMKL) yang selama ini telah menunjukan kinerja yang baik. Keberhasilan berupa kinerja troughput dan terkait dengankelancaran membayar jasa pelayanan terminal, hal-hal inilah yang menjadi pertimbangan dari Tim penilai TPKS Award 2010.

Adapun pengguna jasa yang mendapatkan penghargaan dengan kategori perusahaan pelayaran adalah sebagai berikut :
1. Samudera Indonesia;
2. Evergreen Shipping Agency;
3. Andal Lautan Niaga.

Sedangkan untuk kategori perusahaan forwarding (EMKL) penghargaan diberikan kepada :
1. Samudera Selaras;
2. Kalisari Putra
3. Masaji Tatanan Laut.

Realisasi kegiatan bongkar muat tahun 2010 di TPKS telah mencapai 384.522 TEUs, dimana telah terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu terealisasi sebesar 356.461 TEUs. Sedangkan yang dilakukan oleh Terminal Petikemas Semarang dalam meningkatkan pelayanan yakni dengan melakukan investasi infrastruktur dan suprastruktur. Investasi infrastruktur dengan telah dilakukan peningkatan kapasitas lapangan penumpukan dari 15 Ha menjadi 18 Ha pada tahun 2008-2009, selanjutnya pada tahun 2011 – 2012 berencana menambah kapasitas Container Yard (CY) seluas 3 Ha, jumlah RTG eksisiting 2010 sebanyak 13 unit, selanjutnya pada tahun 2011 ini akan melakukan penambahan RTG sebanyak 6 unit dan menambah Headtruck dan Chassis lagi sebanyak 5 unit. Pada tahun 2013 – 2014, TPKS juga akan melakukan investasi dengan melakukan penambahan panjang dermaga 105 m sehingga total panjangnya menjadi 600 m agar dapat menampung 3 kapal sandar ukuran 180 m dan melakukan penambahan CC (Container Crane) 1 unit lagi sehingga total menjadi 6 unit.

Kecepatan Pelayanan, Ketepatan Waktu dan Kesiapan Alat

Terminal Petikemas Semarang (TPKS) terletak di lokasi strategis ditengah-tengah pulau jawa yang memberikan pelayanan jasa petikemas (container terminal handling) yang handal, aman, dan terintegrasi antar moda serta didukung dengan penggunaan teknologi informasi yang modern dan di desain untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa.

TPKS sangat siap terhadap persaingan dan kompetisi dengan mengusung spirit memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dengan sepenuh hati dan dengan kebersamaan meningkatkan pelayanan PRIMA, yaitu Professional, Responsif, Inovatif, Modern, dan Akuntable. Komitmen Manajemen TPKS adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dengan sepenuh hati.

Komitmen tersebut direalisasikan dengan KECEPATAN PELAYANAN, KETEPATAN WAKTU, dan KESIAPAN ALAT. Komitmen tersebut utamanya bukan bertujuan untuk keuntungan individual, melainkan untuk memberikan kontribusi berupa deviden terhadap perekonomian negara tercinta, dengan mengajak seluruh jajaran dan instansi pelayanan yang berada di Pelabuhan Tanjung Emas yang terkait pelayanan di TPKS untuk melakukan tindakan reformatif dan perubahan paradigma lama.

Prestasi dan Penghargaan

Terminal Petikemas Semarang (TPKS) telah berulang kali berprestasi dengan memperoleh penghargaan terkait dengan pelayanan jasa bongkar muat petikemas diantaranya, mendapatkan penghargaan “Prima Madya” dari Menteri Perhubungan RI pada tahun 2006, 2007 dan 2010, dan yang membanggakan adalah diperolehnya “Piala Citra Pelayanan Prima” dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diserahkan secara langsung oleh Presiden RI pada tahun 2008 yang lalu.

Tidak hanya dalam bidang pelayanan prima, Terminal Petikemas Semarang (TPKS) juga telah menerapkan beberapa standar internasional, diantaranya adalah dengan mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2008), kepedulian lingkungan hidup dengan menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001), memberikan jaminan keamanan pada fasilitas pelabuhan dengan memperoleh sertifikat comply ISPS Code serta memberikan jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan diperolehnya sertifikat Bendera “Emas” SMK3. Dan yang masih hangat adalah Penghargaan “Zero Accident” juga diterima pada tahun 2011 dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada akhir bulan Mei 2011.

Profil Terminal Petikemas Semarang (TPKS)

Awalnya, kegiatan bongkar muat petikemas di Pelabuhan Tanjung Emas dilakukan secara konvensional yaitu menjadi satu kesatuan dengan bongkar muat barang umum (general cargo) yang berada di bawah kendali Divisi Usaha Terminal Cabang Pelabuhan Tanjung Emas. Setelah selesainya pembangunan tahap II tahun 1997, penanganan petikemas memasuki tahap pelayanan terminal sendiri yang dikendalikan Divisi Terminal Petikemas Cabang Pelabuhan Tanjung Emas (Divisi TPK).

Pada tanggal 1 Juli 2001, sebagai langkah antisipasi terhadap pertumbuhan angkutan petikemas di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, yang secara nyata memerlukan pengelolaan yang lebih profesional, manajemen PT Pelindo III (Persero) melakukan pemekaran organisasi PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Emas, menjadi 2 bagian yaitu pengelolaan Terminal Petikemas secara mandiri di bawah tanggung jawab General Manajer Terminal Petikemas Semarang dan pengelolaan pelabuhan di bawah tanggung jawab General Manajer Pelabuhan Tanjung Emas.

Terminal Petikemas Semarang (TPKS) merupakan cabang yang berdiri sendiri terpisah dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sehingga semua urusan handling petikemas sepenuhnya dilakukan sendiri oleh manajemen Terminal Petikemas Semarang. Pada tanggal 1 Juli 2011 yang lalu, bertepatan 10 tahun yang lalu Terminal Petikemas Semarang berdiri menjadi Terminal Petikemas yang sangat diminati para pelaku ekspor dan impor, khususnya di daerah Jawa Tengah dan DIY.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :

Edi Priyanto
Humas PT Pelindo III (Persero)
Jl. Perak Timur 610 Surabaya
Telephone : 031 3298631-37 psw 3443
Fax : 031 3282732
Hand phone : 0811 280 566
Email : humas@pp3.co.id, edipri.pp3@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar