TPK Semarang Tingkatkan Layanan Bongkar Muat

Written By Nanta on Senin, 11 Juli 2011 | 02.32


Tanggal Kirim:11 Juli 11

Demi Menjaga Persaingan Antar Kompetitor

REALISASI kegiatan bongkar serta kualitas pelayanan pelayanan yang terus dioptimalkan, Terminal Petikemas Semarang (TPKS) menjelma menjadi anak perusahaan jasa bongkat muat unggulan yang siap menghadapi persaingan dan kompetisi.

Tak pelak, kinerja yang apik serta pelayanan prima itu menjadikan anak perusahaan PT Pelayaran Indonesia (Pelindo) III ini kaya prestasi dan penghargaan.

Dalam hal realisasi bongkar muat, tahun 2010 di TPKS telah mencapai 384.522 TEUs, dimana telah terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu terealisasi sebesar 356.461 TEUs.

Sedangkan yang dilakukan oleh Terminal Petikemas Semarang dalam meningkatkan pelayanan yakni dengan melakukan investasi infrastruktur dan suprastruktur.

Sementara, dari sisi investasi infrastruktur, di TPKS juga telah dilakukan peningkatan kapasitas lapangan penumpukan dari 15 Ha menjadi 18 Ha pada tahun 2008-2009, selanjutnya pada tahun 2011 – 2012 berencana menambah kapasitas Container Yard (CY) seluas 3 Ha, jumlah RTG eksisiting 2010 sebanyak 13 unit, selanjutnya pada tahun 2011 ini akan melakukan penambahan RTG sebanyak 6 unit dan menambah Headtruck dan Chassis lagi sebanyak 5 unit.

Terkait dengan infestasi insfrastruktur, Humas Pelindo III, Edi Prianto mengemukakan, pada tahun 2013 – 2014, TPKS juga akan melakukan investasi dengan melakukan penambahan panjang dermaga 105 m sehingga total panjangnya menjadi 600 m agar dapat menampung 3 kapal sandar ukuran 180 m dan melakukan penambahan CC (Container Crane) 1 unit lagi sehingga total menjadi 6 unit.

"Ini semua dalam rangka untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa bongkar muat. Dengan pelayanan yang baik, maka para pelanggan akan diuntungkan secara ekonomis dan waktu,"ujar Edi, Jumat (8/7).

Kecepatan Pelayanan, Ketepatan Waktu dan Kesiapan Alat

Terminal Petikemas Semarang (TPKS) terletak di lokasi strategis ditengah-tengah pulau jawa yang memberikan pelayanan jasa petikemas (container terminal handling) yang handal, aman, dan terintegrasi antar moda serta didukung dengan penggunaan teknologi informasi yang modern dan di desain untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa.

Dengan dukungan insfrastruktur dan SDM yang emadai, TPKS sangat siap terhadap persaingan dan kompetisi dengan mengusung spirit memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dengan sepenuh hati dan dengan kebersamaan meningkatkan pelayanan prima, yaitu Professional, Responsif, Inovatif, Modern, dan Akuntable. Komitmen Manajemen TPKS adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dengan sepenuh hati.

"Komitmen tersebut direalisasikan dengan kecepatan pelayanan, ketepatan waktu dan kesiapan alat. Komitmen tersebut utamanya bukan bertujuan untuk keuntungan individual, melainkan untuk memberikan kontribusi berupa deviden terhadap perekonomian negara, dengan mengajak seluruh jajaran dan instansi pelayanan yang berada di Pelabuhan Tanjung Emas yang terkait pelayanan di TPKS untuk melakukan tindakan reformatif dan perubahan paradigma lama,"papar Edi.

Prestasi dan Penghargaan

Karena Pelayanan serta peralatan yang mendukung, Terminal Petikemas Semarang (TPKS) selama ini telah berulang kali berprestasi dengan memperoleh penghargaan terkait dengan pelayanan jasa bongkar muat petikemas diantaranya, mendapatkan penghargaan “Prima Madya” dari Menteri Perhubungan RI pada tahun 2006, 2007 dan 2010, dan yang membanggakan adalah diperolehnya “Piala Citra Pelayanan Prima” dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diserahkan secara langsung oleh Presiden RI pada tahun 2008 yang lalu.

Tidak hanya dalam bidang pelayanan prima, Terminal Petikemas Semarang (TPKS) juga telah menerapkan beberapa standar internasional, diantaranya adalah dengan mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2008), kepedulian lingkungan hidup dengan menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001), memberikan jaminan keamanan pada fasilitas pelabuhan dengan memperoleh sertifikat comply ISPS Code serta memberikan jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan diperolehnya sertifikat Bendera “Emas” SMK3.

Dan yang masih hangat adalah Penghargaan “Zero Accident” juga diterima pada tahun 2011 dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada akhir bulan Mei 2011.rid/LI-07
Sumber: http://www.lensaindonesia.com/demi-menjaga-persaingan-antar-kompetitor-tpk-semarang-tingkatkan-layanan-bongkar-muat-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar