Pelindo III Kembali Dipercaya Pemkab Kowatim Operasikan Dermaga

Written By Nanta on Sabtu, 23 Juli 2011 | 17.44


SURABAYA (jurnalberita.com) – Kemampuan dan keahlian yang dimiliki PT Pelindo III dalam hal kepelabuhanan membuat beberapa pemerintah daerah berupaya meminang dan melakukan kerjasama dalam pengoperasian pelabuhan. Untuk kedua kalinya, kerjasama pengoperasian Dermaga Habaring Hurung Sampit, dermaga milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur dilakukan.

Bertempat di ruang Direktur Utama PT Pelindo III (Persero), Rabu (13/7/11), kembali dilakukan penandatanganan kerjasama pengoperasian dermaga Habaring Hurung Sampit oleh PT Pelindo III (Persero) Cabang Sampit.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Dirut PT Pelindo III (Persero) Djarwo Surjanto dan Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi SIKom. Kerjasama ini merupakan wujud sinergi pemerintah daerah dengan BUMN untuk menumbuhkan perekonomian daerah.

Hal ini patut menjadi contoh pemerintah daerah lain, agar pelabuhan yang telah dibangun dengan dana milyaran rupiah dengan dana APBD maupun APBN dapat dioperasikan secara maksimal dan tidak sia-sia.

PT Pelindo III (Persero) juga tak mau gegabah menerima semua tawaran kerjasama sebelum melakukan analisa secara mendalam agar dikemudian hari tidak terjadi permasalahan hukum. Pengkajian tersebut juga terjadi dan dilakukan sebelum penandatangan pengoperasian Pelabuhan Tanah Ampo di Kabupaten Karangasem.

Kerjasama pemanfaatan dan pengelolaan dermaga umum Habaring Hurung Sampit, antara Pemkab Kotim dengan PT Pelindo III (Persero) Cabang Sampit, sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2006 lalu. Kerjasama ini dimaksudkan untuk memanfaatkan dan mengoperasikan fasilitas dermaga umum Habaring Hurung dan bertujuan menciptakan hubungan sinergis dalam menyikapi kebijakan otonomi daerah, sekaligus mewujudkan pemberdayaan dan kemandirian daerah untuk mendukung peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah.

PT Pelindo III (Persero) Cabang Sampit mengoperasikan dermaga Umum Habaring Hurung Sampit terhadap pelayanan jasa kepelabuhanan, terkait pemakaian fasilitas pelabuhan yang tersedia, seperti jasa labuh, jasa pandu, jasa tambat, jasa dermaga, peralatan bongkar muat barang dan jasa kepelabuhanan lainnya.

Penandatanganan kerjasama pengoperasian Dermaga Habaring Hurung.

Dermaga Habaring Hurung, atau yang dulu dikenal dengan dermaga LLASD Sampit, adalah salah satu dermaga yang berada dalam Daerah Lingkungan Kerja Perairan Pelabuhan Sampit. Dermaga ini dibangun pada tahun 1989 oleh Departemen Perhubungan Kanwil XVIII Provinsi Kalimantan Tengah, melalui dana APBN sebesar 200 juta.

Pada tahun 2002, melalui dana APBD II Kotawaringin Timur sebesar Rp.14 milyar, kualitas dermaga ditingkatkan. Awalnya, spesifikasi teknis dermaga Habaring Hurung adalah kayu ulin, dengan panjang 72 meter dan lebar 3,5 meter. Dengan dilakukan peningkatan kualitas, dermaga tersebut akhirnya dibangun dengan menggunakan konstruksi beton dengan panjang 132 meter dan lebar 7,7 meter.

Sebelum dikerjasamakan dengan PT Pelindo III (Persero) Cabang Sampit, dermaga dipegunakan untuk melayani kegiatan angkutan pedesaan, dari Sampit menuju desa-desa di pedalaman, karena pada saat itu angkutan sungai merupakan sarana transportasi utama bagi masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur.(jbc2)

sumber: http://jurnalberita.com/2011/07/pelindo-iii-kembali-dipercaya-pemkab-kowatim-operasikan-dermaga/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar